Publication Ethic

Ethical Guideline for Journal Publication

Etika publikasi adalah norma yang harus dipatuhi oleh semua penulis yang ingin mempublikasikan karya ilmiah mereka di media publikasi. Norma-norma dasar dalam publikasi sebagai berikut: prioritas moral, integritas ilmiah, dan kejujuran dari para penulis. Hal ini berarti:

  1. Moralitas: mampu membedakan antara perilaku yang baik dan buruk dalam penulisan.
  2. Integritas ilmiah: menegakkan aturan, sifat dasar, dan kebenaran ilmiah sehingga tidak mengorbankan dirinya untuk apa pun.
  3. Jujur: apa yang penulis lakukan harus sama dengan kondisi objektif yang nyata dan tidak melakukan penelitian atau proses penulisan yang tidak senonoh.

Norma-norma etika yang harus dipegang oleh para penulis yang ingin mempublikasikan penelitian ilmiah mereka pada JPII (Jurnal Pendidikan Islam Indonesia) sebagai berikut:

  1. Para penulis harus menegakkan perilaku ilmiah, memahami risiko, dan manfaat dari publikasi mereka.
  2. Artikel yang bermuatan tidak senonoh, termasuk: fabrikasi (dibuat-buat), pemalsuan, plagiat atau auto-plagiarisme, JPII berhak untuk tidak menerbitkan.
  3. Penulis harus melampirkan kutipan yang cukup dalam semua pernyataan, gagasan, yang bukan merupakan hasil penelitian penulis.
  4. Artikel yang diterbitkan adalah relevan dengan bidang studi JPII yaitu ilmu pendidikan dan ilmu pendidikan islam.
  5. Artikel yang diterbitkan harus tidak menyebabkan konflik apapun dengan pihak-pihak tertentu atau berpotensi mengganggu masyarakat.
  6. Semua penulis yang tercantum dalam artikel yang diterbitkan benar-benar kompeten dan memiliki kontribusi yang signifikan pada artikel terkait.
  7. Penulis tidak boleh melakukan publikasi ganda (penyerahan naskah ganda) yang akan mempublikasikan ke jurnal lain, atau media publikasi dalam waktu yang sama (simultan).
  8. Bagian atau seluruh artikel yang diterbitkan oleh JPII tidak akan pernah diterbitkan dalam publikasi lainnya tanpa seizin penulis.
  9. Artikel yang akan diterbitkan merupakan hasil penelitian asli, ide, atau pikiran penulis.

Screening Plagiarism Policy

All articles submitted will be screened for plagiarism by Plagium.com