Paradigma Orientalis terhadap Islam: antara Subyektif dan Obyektif

  • Nawawi Nawawi Universitas Ibrahimy
Keywords: orientalis islam, subyektif, obyektif

Abstract

Paradigma orientalis terhadap Islam ada yang bersifat subyektif dan obyektif.  Para orientalis periode awal dalam menkaji Islam memiliki tujuan untuk menghancurkan Islam dari dalam. Eksistensi orientalisme bukan hanya wacana akademis tetapi memiliki motif  politis, ekonomis dan keagamaan.  Secara politis, kajian orientalis tentang duniaTimur untuk kepentingan politik kolonialisme Eropa dalam rangka menguasai dunia Islam. Namun dewasa ini orientalis mulai adanya kesadaran dalam mengkaji Islam secara obyektif sebagaimana dilakukan oleh orientalis dan Islamis. Pada umumnya orientalis lebih cenderung pada factor politik dan kecurigaan pada Islam. Sementara kajian kelompok Islamis terhadap  Islam untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Karenaitu, orientalis perlu dilihat aspek positifnya. Pertama, buku referensi dari mereka sendiri. Kedua, koleksi naskah kuno lebih kaya daripada dunia Islam. Ketiga, cocok dengan pemikiran yang  terbuka yang bisa menerima orang luar (outsider).

References

Afaf. (1980). al-Mustasyriqun wa muskila al-Hadharah. Kairo: Darul Nadhah al-Arabiyyah.
Al-Jundi, A. (n.d.). al-Fikr al-Arabi al-Mu’ashir fi ma’rakat al-Targhib ( al-Risalah). Kairo.
Al-Samurai, Q. (1996). Bukti-bukti Kebohongan Orientalis. Jakarta: Gema Insani Press.
Al-Tabari, Watt, W. M., & McDonald, M. V. (1988). Muhammad at Mecca. In The history of al-*Tabar*i = Ta*r*ikh al-rusul wa’l-mul*uk. edenburg.
Bukhari, A. M. (2006). Menyikap Tabir Orientalisme. Jakarta: Amzah.
Daniel, N. (1960). Islam and the West: the Making of an Image. London: Oneworld Publications Limited.
Frank, R. M., & Peters, F. E. (1970). Aristotle and the Arabs, The Aristotelian Tradition in Islam. Journal of the American Oriental Society, 90(4), 556. https://doi.org/10.2307/598842
Ghurab, A. A. H. (1993). PandanganIslam Terhadap Orientalisme Terj. (Ru’yahIslamiyah Lil Istisyrak). Jakarta: Pustaka Al-Kausar.
Gibb, S. H. (1962). Pre Islamic Monotheism in Arabia. Cambridge: Harvard Theological Review.
Hamim, T. (2004). Islam dan NU di Bawah Tekanan Problematika Kontemporer: Dialektika Kehidupan Politik, Agama, Pendidikan dan Sosial Masyarakat Muslim. Surabaya: Diantama.
Jamilah, M. (1997). Islam dan Orientalisme: Sebuah Kajian Analitik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rais, M. A. (1986). Cakrawala Islam. Bandung: Mizan.
Right, T. (1987). Early Christian in Arabia. London: Oxford University Press.
Said, E. (1981). Oreintalisme Routledge and kegon poul. London: Said.
Southern, R. W. (2014). Western Views of Islam in the Middle Ages. In Western Views of Islam in the Middle Ages. https://doi.org/10.4159/harvard.9780674435667
Tibawi, A. (1964). A Critique of Their Approach to Islam and Arab Nationalism. The Islamic Quarterly, VIII(1–2).
Wansbrough, J. (1997). Quranic Studies: Its Genesis and Historical Interpretation. Oxford: Oxford University Press.
Published
2020-04-10
How to Cite
Nawawi , N. (2020). Paradigma Orientalis terhadap Islam: antara Subyektif dan Obyektif. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 4(1), 45-54. https://doi.org/10.35316/istidlal.v4i1.209
Section
Articles
Abstract viewed = 27 times
PDF downloaded = 19 times