Prophetic Leadership dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam

  • Luluk Maktumah
  • Minhaji Minhaji Universitas Ibrahimy

Abstract

Manusia secara kodrati telah mendapatkan legitimasi untuk menjalankan perannya sebagai pemimpin (khalifah) di muka bumi, tanpa mengabaikan tugas penghambaannya kepada Allah sebagai tujuan yang esensial. Esensi kepemimpinan telah dipraktikkan oleh para nabi terutama nabi Muhammad Saw yang dilandasi dengan sifat-sifat kenabiannya, yaitu; shiddiq, amanah, tablig, fathanah. Secara konseptual dikenal dengan kepemimpinan profetik. Nilai-nilai kepemimpinan profetik telah diterapkan secara paripurna oleh Rasulullah Saw sejak membangun peradaban penduduk Mekkah pada saat itu. Ada tiga hal pokok yang menjadi legacy kepemipinan profetik Rasulullah saat membangun kota Mekah yaitu : tauhidul illah, tauhidul ummah dan  tauhidul hukumah.  Oleh karena itu, sebagai institusi pendidikan yang mengemban misi profetik humanisasi, liberasi dan transendensi, lembaga  Pendidikan Islam sepatutnya mampu mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan profetik dan menjadikannya sebagai prinsip utama dalam menjalankan proses pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina AG. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ The ESQ Way 165. Jakarta: Arga.
Antonio, M. (2007). Muhammad SAW : The Super Leader Super Manager. Jakarta: Tazkia multimedia & proLm.
Arifin, Z. (2019). Tafsir Ayat-Ayat Manajemen : Hikmah Idariyah dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press.
Ash-Shaabuuniy, M. A. (1991). Studi Ilmu Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia.
Baharuddin, U. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Antara Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Bennis, W. (1994). On Becoming a Leader. New York: Addisom.
Bush, T., & Coleman, M. (2000). Leadhership and strategic managemen in education. London: Paul Chapman Publishing.
Djalaluddin, A. (2014). Manajemen Qur’ani: menerjemahkan idarah ilahiyah dalam kehidupan. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/1408/
Djamaludin, A. (2012). Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.
Hart, M. (1978). The 100: A ranking of the most influential persons in history. Citadel Press.
Kuntowijoyo. (2001). Esai-Esai Agama, Budaya dan Politik dalam Bingkai Strukturalisme Trasendental. Bandung: Mizan.
Machali, I., & Hidayat, A. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Kaukaba.
Mardiyah. (2015). Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi. Yogyakarta: Aditya Media Publisher.
Maxwell, J. C. (2007). The 21 irrefutable laws of leadership. New York: Thomas Nelson. Inc.
Purnamasari, dewi laily. (2015). Jadi Orangtua Perlu “Megaskill of Leadership.”
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2014). Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Sadler, P. (1997). Leadhership. London: Kogan Page.
Sani, A. H. (2011). Manifesto Gerakan Intelektual Profetik. Yogyakarta: Samudera Biru.
Shihab, M. Q. (2007). Wawasan al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Ukas, M. (2004). Manajemen: Konsep, Prinsip dan Aplikasi. Bndung: Penerbit Agnini.
Yukl, G. A. (1989). Leadership in Organizations. New Jersey: Prentice Hall.
Published
2020-04-15
How to Cite
Luluk Maktumah, & Minhaji, M. (2020). Prophetic Leadership dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 133-148. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.196
Section
Articles
Abstract viewed = 871 times
PDF downloaded = 829 times PLAGIARISM downloaded = 83 times