Prophetic Leadership dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Manusia secara kodrati telah mendapatkan legitimasi untuk menjalankan perannya sebagai pemimpin (khalifah) di muka bumi, tanpa mengabaikan tugas penghambaannya kepada Allah sebagai tujuan yang esensial. Esensi kepemimpinan telah dipraktikkan oleh para nabi terutama nabi Muhammad Saw yang dilandasi dengan sifat-sifat kenabiannya, yaitu; shiddiq, amanah, tablig, fathanah. Secara konseptual dikenal dengan kepemimpinan profetik. Nilai-nilai kepemimpinan profetik telah diterapkan secara paripurna oleh Rasulullah Saw sejak membangun peradaban penduduk Mekkah pada saat itu. Ada tiga hal pokok yang menjadi legacy kepemipinan profetik Rasulullah saat membangun kota Mekah yaitu : tauhidul illah, tauhidul ummah dan tauhidul hukumah. Oleh karena itu, sebagai institusi pendidikan yang mengemban misi profetik humanisasi, liberasi dan transendensi, lembaga Pendidikan Islam sepatutnya mampu mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan profetik dan menjadikannya sebagai prinsip utama dalam menjalankan proses pendidikan.
Downloads
References
Antonio, M. (2007). Muhammad SAW : The Super Leader Super Manager. Jakarta: Tazkia multimedia & proLm.
Arifin, Z. (2019). Tafsir Ayat-Ayat Manajemen : Hikmah Idariyah dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press.
Ash-Shaabuuniy, M. A. (1991). Studi Ilmu Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia.
Baharuddin, U. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Antara Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Bennis, W. (1994). On Becoming a Leader. New York: Addisom.
Bush, T., & Coleman, M. (2000). Leadhership and strategic managemen in education. London: Paul Chapman Publishing.
Djalaluddin, A. (2014). Manajemen Qur’ani: menerjemahkan idarah ilahiyah dalam kehidupan. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/1408/
Djamaludin, A. (2012). Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.
Hart, M. (1978). The 100: A ranking of the most influential persons in history. Citadel Press.
Kuntowijoyo. (2001). Esai-Esai Agama, Budaya dan Politik dalam Bingkai Strukturalisme Trasendental. Bandung: Mizan.
Machali, I., & Hidayat, A. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Kaukaba.
Mardiyah. (2015). Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi. Yogyakarta: Aditya Media Publisher.
Maxwell, J. C. (2007). The 21 irrefutable laws of leadership. New York: Thomas Nelson. Inc.
Purnamasari, dewi laily. (2015). Jadi Orangtua Perlu “Megaskill of Leadership.”
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2014). Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Sadler, P. (1997). Leadhership. London: Kogan Page.
Sani, A. H. (2011). Manifesto Gerakan Intelektual Profetik. Yogyakarta: Samudera Biru.
Shihab, M. Q. (2007). Wawasan al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Ukas, M. (2004). Manajemen: Konsep, Prinsip dan Aplikasi. Bndung: Penerbit Agnini.
Yukl, G. A. (1989). Leadership in Organizations. New Jersey: Prentice Hall.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Islam Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.