Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Shalat Berjamaah Kelas VII

  • Nur Laila Universitas Ibrahimy
  • Eriyanto Eriyanto

Abstract

Ketercapaian kompetensi, terutama yang berkaitan dengan penerapan konsep masih menjadi masalah. Penelitian ini menjawab masalah tersebut dengan menerapan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Desain yang digunakan dalam penelitian menggunakan model Elliot. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan menekankan pada aspek berbeda.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi, kemudian setelah dilaksanakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Pembelajaran Langsung hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebagaimana berikut: Siklus I aspek kognitif, nilai rata-rata pra siklus 62,96 dengan ketuntasan klasikal 52% sedangkan setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata 77,36 dengan ketuntasan klasikal 84%. Siklus II aspek psikomotorik, nilai rata-rata pra siklus 69,68 dengan ketuntasan klasikal 52%, setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata 80,72 dengan ketuntasan klasikal 80%. Sedangkan siklus III aspek afektif dengan nilai rata-rata 75,8 dan ketuntasan klasikal 84% dengan kategori hasil belajar sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Achmadi. (2005). Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Al-Jamali, F. (1992). Menerobos Krisis Pendidikan Dunia Islam. Jakarta: Golden Terayon Press.
Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
at-Tirmidzi, A. I. M. bin I. (2013). Eksiklopedia Hadist 6: Jami’ at-Tarmidzi. Jakarta: Al-Mahira.
Azra, A. (2000). Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Mellenium Baru. Jakarta: Logos.
Depag RI. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Hilal.
Eva YN, & dkk. (2001). Ensiklopedi Oxford: Dunia Islam Modern (Terj.). Bandung: Mizan.
Kardi, & Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.
Muhaimin. (2009). Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.
Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
NK Roestiyah. (2008). Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Raya, A., & Mulia, S. M. (2016). Menyelami Seluk-beluk Ibadah dalam Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Suharto, J. (2007). Menuju Ketenangan Jiwa. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Paikem. In Kumpulan Metode Pembelajaran.
Syafaruddin, & dkk. (2006). Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat. Jakarta: Pustaka Utama.
Tafsir, A. (1995). Epistimologi untuk Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: IAIN Sunan Gunung Jati.
Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2001). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi pustaka.
Uno, H. B. (2008). Model dan Starategi Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.
Usman, M. B. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Wahbah al-Zuhaili. (2004). Fiqh Shalat. Pustaka Media Utama.
Published
2020-04-15
How to Cite
Nur Laila, & Eriyanto, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Shalat Berjamaah Kelas VII. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 203-214. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.197
Section
Articles
Abstract viewed = 388 times
PDF downloaded = 561 times PLAGIARISM downloaded = 33 times

Most read articles by the same author(s)