Eksistensi Pondok Pesantren Berbasis Tarekat dalam Era Global dan Digital
Keywords:
pesantren tarekat, era global dan digital
Abstract
Pondok Pesantren Suryalaya is one of Islamic Boarding school in Indonesia. It was oldest Sufistic Education Institution which gave the essential contribution to educate nation and improved the quality of its life. There is assumption that sufi’s education can face all the stuff of the global and digital process. This reseach the author explained there were some reasons that was Sufistic Education Institution have best influence in Islamic Education, especially in internalization and identification of Islam to all nation to close to Allah SWT.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Adam, K. & Jessica, K. (2000). Ensiklopedi ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Rajawali Grafindo.
Ahimsa-Putra, H. S. (2000). Antropologi dan Seni: Sebuah Pengantar, Diktat Kuliah Pasca sarjana UGM: Yogyakarta.
Ahimsa-Putra, H. S. (2011). Paradigma Ilmu Sosial-Budaya: Sebuah Pandangan. Makalah Short Course IAILM: Tasikmalaya.
Ahmad, T. (1995). Tasawuf Jalan Menuju Tuhan, Suryalaya Tasikmalaya: Latifah Press.
Ahmad, Z. S., (2013). Jendela Masa Depan. Jakarta: Aliansi Kebangsaan.
Amin, H. dkk. (2004). Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitasdan Tantangan Komplesitas Global. Jakarta: IRD Press.
Asep, S. (2011). Suryalaya dan Pesona Tarekat, dalam Republika, Sabtu 10 September.
Azra, A. (1997). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos.
Dhofier, Z. (1982). Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.
Jurnal Latifah edisi 1 Tahun 2009
Jurnal Latifah edisi 4 Tahun 2012.
Koentjaraningrat (1994). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, Jakarta: Gramedia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Nawawi, (2006). Sejarah dan Perkembangan Pesantren, dalam Jurnal IBDA,vol.4
Satu Abad Pondok Pesantren Suryalaya: Perjalanan dan Pengabdian, Yayasan Serba Bakti, 2005.
Situs Kementrian Agama : Kumpulan makalah Annual Conference on Islamic Studies (ACIS).
Situs resmi. Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya: www.suryalaya.org.
Slamet, J. P., & Ferry, M. S., Pesantren dan Tantangan Modernitas di Indonesia, Yogyakarta: makalah ICRS.
Wardana, (2004). Eksistensi Pesantren; Oganisasi, Kepemimpinan, dan Tradisi internal, Jakarta: (Thesis) FISIP- UI.
Weber, M. (2009). Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zamili, M. (2013). Sketsa Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Jurnal Lisan Al-Hal, 5(1), 197-236. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/327793268_SKETSA_PENELITIAN_KUALITATIF_DALAM_PENDIDIKAN
Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. Jurnal Lisan Al-Hal, 7(2), 283–384. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/lisan/article/view/1353
Ahimsa-Putra, H. S. (2000). Antropologi dan Seni: Sebuah Pengantar, Diktat Kuliah Pasca sarjana UGM: Yogyakarta.
Ahimsa-Putra, H. S. (2011). Paradigma Ilmu Sosial-Budaya: Sebuah Pandangan. Makalah Short Course IAILM: Tasikmalaya.
Ahmad, T. (1995). Tasawuf Jalan Menuju Tuhan, Suryalaya Tasikmalaya: Latifah Press.
Ahmad, Z. S., (2013). Jendela Masa Depan. Jakarta: Aliansi Kebangsaan.
Amin, H. dkk. (2004). Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitasdan Tantangan Komplesitas Global. Jakarta: IRD Press.
Asep, S. (2011). Suryalaya dan Pesona Tarekat, dalam Republika, Sabtu 10 September.
Azra, A. (1997). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos.
Dhofier, Z. (1982). Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.
Jurnal Latifah edisi 1 Tahun 2009
Jurnal Latifah edisi 4 Tahun 2012.
Koentjaraningrat (1994). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, Jakarta: Gramedia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Nawawi, (2006). Sejarah dan Perkembangan Pesantren, dalam Jurnal IBDA,vol.4
Satu Abad Pondok Pesantren Suryalaya: Perjalanan dan Pengabdian, Yayasan Serba Bakti, 2005.
Situs Kementrian Agama : Kumpulan makalah Annual Conference on Islamic Studies (ACIS).
Situs resmi. Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya: www.suryalaya.org.
Slamet, J. P., & Ferry, M. S., Pesantren dan Tantangan Modernitas di Indonesia, Yogyakarta: makalah ICRS.
Wardana, (2004). Eksistensi Pesantren; Oganisasi, Kepemimpinan, dan Tradisi internal, Jakarta: (Thesis) FISIP- UI.
Weber, M. (2009). Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zamili, M. (2013). Sketsa Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Jurnal Lisan Al-Hal, 5(1), 197-236. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/327793268_SKETSA_PENELITIAN_KUALITATIF_DALAM_PENDIDIKAN
Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. Jurnal Lisan Al-Hal, 7(2), 283–384. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/lisan/article/view/1353