Revitalisasi Paradigma Baru Dunia Pembelajaran yang Membebaskan

  • Moh. Nawafil Universitas Ibrahimy
  • Junaidi Junaidi

Abstract

Urgensitas pembelajaran menjadi suatu hal yang sangat vital dalam proses pendidikan. Manusia dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan baru dalam hidupnya melalui kegiatan belajar. Dengan belajar pula, tingkah laku manusia berkembang ke arah yang lebih babik. Dalam perjalanan waktu yang relatif lama kegiatan belajar sempat berada pada posisi yang konservatif. Di mana peserta didik diposisikan sebagai objek pembelajaran sedangkan guru berposisi sebagai subjek yang maha tahu dalam kelas. Hal ini berimplikasi pada perkembangan pengetahuan yang semakin tidak dinamis. Karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan terpaku pada konsep pembelajaran searah. Sehingga lahirlah paradigma baru pembelajaran yang lebih menekankan pada kesadaran kritis peserta didik untuk memahami realitas dunia dan alam sekitarnya. Adapun kegiatan pembelajaran yang diimplementasikan adalah pembelajaran multi komunikasi dan cenderung dialogis. Pembelajaran ini berorientasi pada pemecahan masalah yang dihadapi oleh peserta didik. Berbagai macam paradigma pembelajaran yang telah dikemukakan, perlu adanya penyegaran yang lebih masif sehingga dapat dinikmati dan dirasakan pengaruhnya oleh seluruh masyarakat dalam dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, C. (2017). Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.
Anwar, D. (2015). Kamus Lengkap: Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris. Surabaya: Amelia.
Echols, J., & Shadily, H. (2005). Kamus Inggris-Indonesia: An English-Indonesian Dictionary. Retrieved from http://dev.socanudos.com.br/kamus_inggris_indonesia_an_english_indonesian_dictionary_john_m_echols.pdf
Junaidi. (2012). MENGHARGAI KEBHINEKAAN DENGAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AFEKSI. Journal.Ibrahimy.Ac.Id, 6(1). Retrieved from https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/lisanalhal/article/view/45
Kadir, A., & dkk. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kharisma.
Kusnadi, M. (n.d.). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Cahaya Agency.
Masyrif, K. (2018). Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam. Situbondo: Ibrahimy Press.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Muis, A., & Minhaji, M. (2018). OTONOMI DAN REFORMASI PENDIDIKAN. Edupedia, 3(1), 23–32. Retrieved from https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/view/317
Murtiningsih, S. (2004). Pendidikan Alat Perlawanan, Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Yogyakarta: Resist Book.
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Nawafil, M. (2018). Cornerstone Of Education: Landasan-Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Absolut Media.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Raymnena Jovanka, D., & Setiawan, D. (2013). Theory Of Mind. International Conference on Education and Language, I, 116. Retrieved from http://artikel.ubl.ac.id/index.php/icel/article/view/189/189
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Biomass Chem Eng.
Syarbini, A. (2012). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELUARGA. Ta’dib, 17(01), 41–59.
Tafsir, A. (1996). Pendidikan Agama dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taufiqurrahman, T., Heryandi, M. T., & Junaidi, J. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 199–206. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.74
Tilaar, H. (2015). Pedagogik teoretis untuk Indonesia. Jakarta: Kompas.
Zamili, M. (2014). Konsep Pembelajaran Seumur Hidup Dan Nilai-Nilai Tauhid Di Pesantren Sukorejo Situbondo Jawa Timur.. Retrieved from http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/163
Published
2020-04-15
How to Cite
Moh. Nawafil, & Junaidi, J. (2020). Revitalisasi Paradigma Baru Dunia Pembelajaran yang Membebaskan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 215-225. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.193
Section
Articles
Abstract viewed = 1108 times
PDF downloaded = 734 times PLAGIARISM downloaded = 60 times